LEKATNYA BUDAYA TIONGHOA PADA EVENT LANTERN RITE GENSHIN IMPACT

 

Sumber gambar: Di sini

Halo halo semuanya, di tulisan kali ini mungkin saya akan lebih kasual daripada tulisan-tulisan sebelumnya yang bersifat tulisan ilmiah karena kali saya akan membagikan pengalaman menarik dan juga pendapat saya akan event dalam game Genshin Impact yang berjudul Lantern Rite.

Seperti yang sudah diketahui oleh para pemain game tersebut bahwa setiap tahunnya pihak Hoyoverse sebagai developer game membuat event bertepatan dengan dirayakannya Chinese New Year / Imlek pada region / wilayah Liyue yang memang mengambil inspirasi konsep dari negara China sendiri.


Sumber gambar: Di sini

Sumber gambar: Di sini

Sumber gambar: Dokumen pribadi



Pada event Lantern Rite ini Hoyoverse mengubah desain dari Liyue menjadi lebih meriah dengan ornament-ornament dan juga lentera khas tahun baru Imlek, terkhusus lagi pada langit pelabuhan Liyue yang dipenuhi lentera-lentera pada malam hari menambahkan nilai estetika pada event ini dan membuat para player termasuk saya sendiri betah berlama-lama menjalankan setiap quest event yang ada. Tak lupa terdapat karakter dan lore / story baru yang ditambahkan bersamaan dengan event ini yang menambah kemeriahan event di dalam game. 

Event ini pun menurut saya menjadi salah satu upaya perkenalan banyaknya kebudayaan dan juga nilai-nilai luhur serta filosofi Tionghoa yang disisipkan di setiap desain dan juga detail dalam event termasuk lorenya. Upaya yang dilakukan oleh pihak developer Hoyoverse guna memperkenalkan kebudayaan-kebudayaan suatu negara dalam bentuk event / konten game buatan mereka inilah yang membuat saya tertarik meneliti lebih dalam lagi tentang pengaruhnya bila ada kesempatan nantinya, sekaligus saya ingin membedah detail-detail atau filosofi apa saja yang mungkin saya lewatkan di event ini.

Mungkin sekian tulisan saya kali ini, dan jika ada kritik, saran atau keinginan untuk berdiskusi silahkan langsung diutarakan pada kolom komentar. Terimakasih. 




Nama: Mohamad Dodi Noviansyah

NPM: 202046500140

Kelas: S4A


Komentar

Postingan Populer