KAJIAN NILAI ESTETIKA DAN MAKNA PADA KEMASAN PERMEN KOPI KOPIKO SERTA PENGARUHNYA TERHADAP BRAND AWARENESS (PENDAHULUAN)
Pendahuluan
Latar Belakang
Ketatnya persaingan di dunia bisnis memaksa para produsen untuk terus berinovasi pada produk yang mereka hasilkan, mulai dari melakukan promosi dan juga iklan hingga membuat kemasan yang dapat menarik perhatian calon konsumen. Menurut Pujiono sendiri para konsumen saat ini sangatlah kritis dalam memilih sebuah produk (2018). Hal tersebut membuat produsen seperti PT Mayora Indah Tbk yang bergerak di bidang makanan ikut melakukan terobosan inovatif guna bersaing dengan para kompetitor. Salah satu produk yang menarik dari Mayora dan akan saya analisa kali ini adalah Kopiko, Kopiko sendiri merupakan permen berperasa kopi dalam kemasan yang tak asing bagi kita semua. Dikenalnya Kopiko di hati para konsumen bisa disebut sebagai brand awareness, yang mana menurut Setiawati dan Lumbantobing kemasan yang memiliki daya tarik visual menarik dan juga unik dapat menimbulkan brand awareness pada konsumen sehingga para konsumen bisa mengidentifikasi produk yang kita hasilkan dengan mudah dan berpengaruh positif akan keputusan pembelian (2017). Menurut Aulia adapula beberapa faktor yang menjadi penunjang brand awareness menurut Aulia yaitu kualitas produk, harga, dan pelayanan (2020). Tentunya dalam mendesain kemasan Kopiko, PT Mayora Indah Tbk pastinya memperhatikan nilai-nilai estetika dan juga filosofi pada setiap komponen dalam desain kemasan yang mungkin saja secara tidak langsung berpengaruh akan brand awareness yang dibangun. Yang jika diamati secara mendalam maka kita akan sadar walaupun banyak produk permen kopi serupa beredar saat ini, maka yang selalu menjadi pilihan utama kita saat mengunjungi toko atau kedai adalah Kopiko.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka saya merumuskan masalah yang ingin dikaji dari objek kemasan Kopiko yaitu "Apa saja nilai-nilai estetika dan makna yang terkandung dalam desain kemasan permen Kopiko dan bagaimana pengaruhnya terhadap brand awareness produk".
Tujuan
- Kajian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai estetika dan makna yang terkandung dalam desain kemasan permen Kopiko dengan menggunakan teori estetika semiotika.
- Mencari tau bagaimana pengaruh dari desain kemasan permen Kopiko pada brand awareness produk yang menjadi pembeda dengan produk serupa lainnya.
Sumber / Daftar Pustaka:
Aulia, S. (2020). Pola perilaku konsumen digital dalam memanfaatkan aplikasi dompet digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311–324.
Pujiono, A., Setyawati, R., & Idris, I. (2018). Strategi Pengembangan UMKM Halal di Jawa Tengah dalam Menghadapi Persaingan Global. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 1–7.
Setiawati, M., & Lumbantobing, R. (2017). Pengaruh promosi dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk chitato yang dimediasi oleh brand awareness. KOMPETENSI - JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 12(1), 75–88.
Nama: Mohamad Dodi Noviansyah
NPM: 202046500140
Kelas: S4A
Komentar
Posting Komentar