REVIEW JURNAL SENI RUPA DAN DESAIN

Pada tulisan kali ini saya ingin mereview beberapa jurnal yang berkaitan atau meneliti objek seni rupa dan juga desain. Mungkin jurnal sudah tak asing lagi bagi para pembaca khususnya yang mahasiswa, seringkali kita sebagai mahasiswa mencari dan membaca sebuah jurnal guna mendapatkan referensi atau mendukung teori-teori atas analisa penelitian yang sedang dilakukan. Sayapun seringkali menjadikan jurnal sebagai landasan teori yang saya gunakan atau data-data agar terbukti kevalidannya dalam tugas-tugas penulisan ilmiah ataupun artikel ilmiah yang sedang saya ikut sertakan dalam kegiatan seperti Program Kreatifitas Mahasiswa. Jurnal-jurnal bisa kita temukan atau cari dari beberapa situs seperti Google Cendekia, Garuda, SciHub, ataupun situs perpustakaan online yang disediakan kampus. Langsung saja ke inti dari tulisan ini yaitu review beberapa jurnal seni rupa atau desain.

sumber gambar: books - Bing

Jurnal pertama berjudul: DESAIN LOGO DAN MASKOT “DIFABEL KLATEN” SEBAGAI 
BRAND AWARENESS KAMPANYE SOSIAL PEDULI 
MASYARAKAT DISABILITAS DI KLATEN, JAWA TENGAH

    untuk jurnalnya bisa lihat di sini

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain:

Desain logo dan maskot dari sebuah organisasi difabel asal Klaten guna ikut meramaikan acara hari disabilitas internasional. Yang di mana merupakan kesempatan bagi para difabel untuk menunjukan eksistensi mereka dan membuktikan pada seluruh dunia bahwa mereka masih memiliki semangat dan kemampuan yang bisa diadu dengan orang pada umumnya.

Pendekatan:

Pendekatan yang digunakan adalah dengan mengkaji beberapa teori dari para ahli sebelumnya dan juga melakukan survey ke tempat organisasi guna mendapatkan data dan mengetahui desain-desain yang digunakan sebelumnya.

Metode dan Analisis:

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif survei dengan analisis deskriptif.

Teori:

Teori yang digunakan berdasarkan pendapat para ahli sebelumnya yang membahas tentang brand awareness seperti Rochaety dan Tresnati.

Kesimpulan:

Jurnal tersebut berisikan penelitian pembuatan desain logo dan maskot yang akan digunakan pada hari disabilitas internasional tahun 2017 di kota Klaten Jawa Tengah dengan memperhatikan beberapa aspek seni dan juga desain guna membangun brand awareness pada masyarakat.

Yang menurut saya bisa diteliti setelah jurnal tersebut adalah:

Bagi saya sendiri yang memang menggunakan jurnal tersebut sebagai salah satu referensi saya untuk membuat proposal desain berpendapat bahwa banyak teori, cara, serta tahapan dalam mendesain dan juga branding yang saya contoh agar desain yang saya buat bisa efektif dalam membangun brand awareness pada target khalayak / konsumen.




Jurnal kedua berjudul: PENGARUH PROMOSI DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CHITATO YANG DIMEDIASI OLEH BRAND AWARENESS

    untuk jurnalnya bisa lihat di sini

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain:

Objek yang dikaji dalam jurnal ini adalah kemasan pada produk jajanan Chitato dan pengaruhnya serta promosi dalam keputusan pembelian bagi para konsumen. Karena pastinya para konsumen akan memperhatikan beberapa aspek sebelum membeli sebuah produk apalagi mengenalinya dan melakukan pembelian secara berulang.

Pendekatan:

Pendekatan yang digunakan pada jurnal ini sama seperti jurnal sebelumnya yaitu dengan mengkaji beberapa teori dari para ahli sebelumnya yang membahas tentang brand awareness, kemasan, promosi, dan juga keputusan pembeli.

Metode dan Analisis:

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif survei dengan analisis validitas dan juga reabilitas.

Teori:

Teori yang digunakan berdasarkan pendapat para ahli sebelumnya yang membahas tentang brand awareness, kemasan, promosi, dan juga keputusan pembeli seperti Terence Shimp, Herry Widadgo, Charles W Lamb, dan lainnya.

Kesimpulan:

Kemasan Chitato berpengaruh sangat positif dan juga meningkatkan brand awareness secara signifikan, yang tentunya berpengaruh pula kepada keputusan pembelian yang meningkat. Sedangkan promosi sendiri berpengaruh positif bagi brand awareness namun tidak signifikan pada keputusan pembelian produk.

Yang menurut saya bisa diteliti setelah jurnal tersebut adalah:

Sama seperti jurnal sebelumnya, jurnal ini saya gunakan dalam proposal desain saya khususnya pada desain kemasan agar tulisan yang saya buat mempunyai landasan teori yang valid dan juga terbukti dengan adanya penelitian pengaruh promosi dan kemasan bagi keputusan pembelian pada produk Chitato ini.




Jurnal ketiga berjudul: ANALISIS POSTER VIDEO KLIP LATHI : KAJIAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE

    untuk jurnalnya bisa lihat di sini

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain:

Objek yang dikaji dalam jurnal ini adalah poster video klip Lathi yang dikaji dengan menggunakan analisis semiotika.

Pendekatan:

Pendekatan yang digunakan pada jurnal ini sama seperti jurnal sebelumnya yaitu dengan mengkaji beberapa teori dari para ahli sebelumnya dan yang paling menonjol adalah teori semiotika dari Ferdinand De Saussure. Tentunya tulisan ini juga menggunakan sistem penanda dan pertanda di dalam penelitiannya.

Metode dan Analisis:

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis secara deskriptif.

Teori:

Teori yang digunakan secara garis besar adalah teori semiotika dan sistem penandaan dari Ferdinand De Saussure.

Kesimpulan:

Poster video klip Lathi setelah dikaji dengan teori semiotika dapat disimpulkan memiliki makna tentang toxic relationship pada hubungan percintaan di mana pihak tertentu merasakan sakit hati.

Yang menurut saya bisa diteliti setelah jurnal tersebut adalah:

Jurnal ini bisa menjadi referensi bagi penelitian berikutnya yang meneliti tentang makna atau arti dari sebuah objek seni rupa dan desain menggunakan semiotika khususnya berdasarkan pada teori gagasan Ferdinand De Saussure.



Mungkin itulah beberapa review jurnal yang menggunakan objek seni rupa dan juga desain dari saya, ada kurang lebihnya mohon maaf dan jangan lupa untuk memberikan kritik saran guna perkembangan blog saya kedepannya. Terimakasih.






Nama: Mohamad Dodi Noviansyah
NPM: 202046500140
Kelas: S4A


Komentar

Postingan Populer